SEARCH ENGINE ASK.COM

| Sabtu, 24 Maret 2012


Ask yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia : “Tanyakan” adalah sebuah mesin pencari yang berdiri seajak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di California. Situs ini dapat mencari informasi secara detail, cara kerjanya mirip google. Browser ini memiliki kemampuan untuk menguraikan data lebih banyak serta menampilkan link lain yang masih memiliki hubungan yang relevan. Ask mempunyai kemampuan simantik dan ekstraksi guna mengenali jawaban-jawaban terbaik untuk pertanyaan user.

Cara kerjanya tidak jauh beda dengan google, user tinggal memasukan keyword lalu klik search. Maka user akan menemukan sederetan hasil beserta link yang mengantar user menuju hasil yang masih relevan. Situs ini di lengkapi beberapa tab yang di katagorikan dalam web, images, dsb.


Teknik Pencarian

Sekarang kehidupan kita tidak dapat dipisahkan dari search engine. Sebab dengan luasnya internet dan banyaknya halaman pada website – website yang ada di dunia maya ini mampu membuat kita bingung dan kesulitan dalam memperoleh data – data yang keinginan. Oleh karena itu diciptakanlah search engine. Search Engine ini sendiri adalah sebuah program yang diadalamnya terdapat dituliskan program – program yang sifatnya mampu mencari segala bentuk informasi dari Internet dengan cara memasukkan keyword atau kata kunci yang benar.

Struktur pada Search Engine itu sendiri biasanya terdiri atas 2 bagian :

1.      Bagian pertama ini adalah bagian dari search engine yang digunakan untuk memasukkan kata kunci yang nantinya dijadikan acuan dalam mencari data – data yang terdapat pada internet.
2.      Bagian kedua adalah bagian dari search engine yang digunakan sebagai tombol pencari data yang kita inginkan di Internet.

Pada Search Engine Ask.com ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan semua jenis search engine yang ada selama ini. Sistem kerja dari search engine ini adalah :
Dengan meng-copy atau melakukan penyimpanan terhadap setiap bentuk data – data yang dimiliki olah sebuah website.
Hasil dari kopiannya tersebut lalu dimasukkan / disimpan dalam database yang terdapat pada search engine itu sendiri.
Dari hasil penyimpanan database tersebut maka akan tercipta suatu bentuk kata – kata kunci yang gunanya nanti untuk menghubungkan dengan data-data yang ingin dicari.
Sifat kerjanya adalah dengan mencocokkan kata – kata kunci tersebut dengan data – data yang terdapat pada databasenya tersebut.
Setelah melakukan pencocokan kata – kata kunci dengan data – data yang tersimpan pada databse maka search engine tersebut akan segera menampilkan semua bentuk dari data – data yang kita cari yang sekiranya memiliki nama atau judul dengan kata – kata kunci yang kita masukkan.
Selanjutnya adalah tugas kita untuk memilih data apa yang akan kita buka. Setelah kita memilih maka secara otomatis search engine akan segera menghubungkan kita dengan website yang datanya terdapat dalam database search engine dan yang kita sudah pilih tadi.
Search engine selalu melakukan pembaharuan database dengan secara berkala melakukan “monitor” terhadap website – website yang ada di seluruh dunia maya ( internet )
Hasil dari pembaharuan yang terjadi pada suatu website akan segera dicocokan dengan database search engine dan kemudian dilakukan penyimpanan jika ditemukan bentuk pembaharuan atau perubahan dari waktu yang sebelumnya.
Pada search engine Ask ini sekarang memiliki versi terbaru yang kecepatannya 30% lebih cepat dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Kelebihan dan Kelemahan Ask.com

Kelebihan:
Keunggulannya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan
Lebih canggih dan akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang Google dan Yahoo!
Background dari mesin pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti

Kelemahan:
Databasenya kecil
Fitur kurang lengkap
Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
Pencarian kata tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil
Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.

Refrensi :


Artikel mengenai ask.com


Bearkhirnya search engine Ask.com

California – Hari ini (10/11-2010) adalah hari terakhir search engine Ask.com sebagai layanan mesin-pencari. Website mesin pencari yang dulunya adalah salah satu terbesar di dunia ini kini merelakan para pegawainya untuk pindah ke Google dan Microsoft.
Website search engine Ask.com, yang dulunya dikenal dengan Ask Jeeves, dulunya adalah website situs pencari yang paling dikenal. Diluncurkan pada tahun 1996 dan dengan cepat berkembang. Di era puncak popularitasnya, search engine Ask.com telah menjawab dua juta pencarian per harinya. Maskot dari website ini, Jeeves the Butler, dikenal oleh banyak orang. Demikian seperti yang dikutip dari Mashable, Rabu (10/11/2010).
Pada tahun 1999, perusahaan tersebut melakukan Initial public offering (IPO) dan segalanya terlihat cukup baik, di saat dimana era internet dot com mulai populer. Lalu beberapa tahun berlalu, search engine Ask.com kalah bersaing dengan Google. Market share serta teknologi mereka stagnan sampai akhirnya dibeli oleh konglomerat internet InterActiveCorp (IAC) sebesar USD1,85 miliar pada tahun 2005.
Lima tahun kemudian, IAC juga belum menemukan cara agar search engine Ask.com bisa bersaing dengan para pesaingnya. Menurut layanan berita keuangan Bloomberg, IAC akan menghentikan pekerjaan dari 130 pegawainya di New Jersey dan China, untuk menghentikan pengembangan teknologi pencarian algoritmik mereka, dan kembali fokus pada layanan Question dan Answer (Q&A) yang sudah diluncurkan pada musim panas kemarin.
Doug Leeds, president dari search engine Ask.com mengatakan bahwa Ask.com akan menghadirkan hasil pencarian dari salah satu kompetitornya, tidak sama seperti perjanjian Microsoft-Yahoo untuk pencarian yang dilakukan tahun lalu. IAC sebelumnya sudah memiliki perjanjian dengan Google, akan tetapi Microsoft telah dengan gesit menemukan cara untuk memperluas market-share dari Bing.
Search engine Ask.com yang dimiliki oleh IAC ini masih merupakan salah satu destinasi utama di internet dan revenue nya telah naik 20 persen sampai USD205 juta pada tahun lalu. Pada pasar search-engine yang sangat ketat, Ask.com tidak kuat melawan para pesaingnya yang secara konstan selalu meluncurkan fitur-fitur baru.
Ask.com dan Ask Jeeves mewakili semangat dari era Web 1.0. Karena hari ini search engine Ask.com mengakhiri layanan mesin pencarinya, maka pasar search-engine kini jelas milik Google dan Microsoft.





1 comments:

  1. Terimakasih atas informasinya
    Kunjungi juga website ini untuk informasi mengenai politik

    BalasHapus

Next Prev
▲Top▲