·
Manusia
adalah makhluk sosial yang senang melakukan sebuah interaksi, berfikir dan juga
makhluk yang memiliki 3 dimensi (badan,akal, dan ruh).
·
Komunikasi
adalah penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media
tertentu & menyebabkan sebuah respon.
KOMUNIKASI INTERNAL
Komunikasi
internal organisasi adalah proses penyampaian pesan antara anggota-anggota
organisasi yang terjadi untuk kepentingan organisasi, seperti komunikasi antara
pimpinan dengan bawahan, antara sesama bawahan, dsb. Proses komunikasi
internal ini bisa berujud komunikasi antarpribadi ataupun komunikasi kelompok.
KOMUNIKASI EKSTERNAL
Komunikasi
eksternal organisasi adalah komunikasi antara pimpinan organisasi dengan
khalayak di luar organisasi. Pada organisasi besar, komunikasi ini lebih banyak
dilakukan oleh kepala hubungan masyarakat dari pada pimpinan sendiri. Yang
dilakukan sendiri oleh pimpinan hanyalah terbatas pada hal-hal yang dianggap
sangat penting saja
PROSES KOMUNIKASI ORGANISASI
§ Downward
communication yaitu komunikasi yang berlangsung ketika orang-orang yang berada
pada tataran manajemen mengirimkan pesan kepada bawahannya.
§ Upward
communication yaitu komunikasi yang terjadi ketika bawahan (subordinate)
mengirim pesan kepada atasannya.
§ Horizontal
communication yaitu komunikasi yang berlangsung diantara para karyawan ataupun
bagian yang memiliki kedudukan yang setara.
§ Interline
communication yaitu tindak komunikasi untuk berbagi informasi melewati
batas-batas fungsional.
Tujuan komunikasi dalam sebuah organisasi sangat
memberikan banyak manfaat secara langsung yaitu memudahkan para anggota bekerja
dari instruksi-instruksi atau perintahyang diberikan dari atasan dan untuk
mengurangi kesalahpahaman yang biasa terjadi dan memang sudah melekat pada
suatu organisasi. Apabila semua bawahan dan atasan dapat berinteraksi dengan
baik, maka seluruh kesalah pahaman yang beresiko mungkin akan berkurang,
karena tiap manusia mempunyai cara penyampaian komunikasi yang berbeda-beda secara
verbal dan mau tidak mau kita harus membuat si penerima informasi itu mengerti
informasi yang kita sampaikan. Dengan demikian semua pelaku organisasi harus
berbicara. bertindak satu sama lain untuk membangun satu lingkungan kondusif
dan mengetahui situasi-situasi apa yang akan terjadi di luar suatu dugaan
karena kesalahan komunikasi sekecil apa pun pasti akan berakibat fatal.
Refrensi
- http://www.scribd.com/
- http://www.scribd.com/
0 comments:
Posting Komentar