ARTI PENTING ORGANISASI DALAM BERMASYARAKAT

| Kamis, 08 November 2012

Organisasi adalah sekumpulang orang yang memiliki visi dan misi yang sama demi tercapainya tujuan yang diinginkan. Tujuan organisasi itu sendiri yaitu sebagai alat pemersatu perbedaan-perbedaan yang akan berubah menjadi persamaan-persamaan yang mengakibatkan kemajuan bagi organisasinya. Organisasi yang dianggap baik yaitu organisasi yang diakui oleh masyarakat. Bukan diakui dengan cara patuh karena takut kepada organisasi, melainkan disegani karena organisasi tersebut dapat berguna bagi masyarakatnya dengan memberikan kontribusi seperti mengambil sumber daya untuk memajukan masyarakat dengan cara mengurangi pengangguran.

Macam-macam Organisasi :

1.      Organiasasi Politik
            Organisasi Politik yaitu sekumpulan orang yang terlibat dalam proses ilmupolitik dalam suatu negara yang berperan aktif dalam menentukan nasib negara.

2.       Organisasi Sosial
            Organisasi Sosial yaitu perkumpulan sosial yang dibuat oleh masyarakat, baik perkumpulan sosial yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum yang sama-sama berfungsi untuk sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara.

3.      Organisasi Mahasiswa
            Organisasi Mahasiswa yaitu sekumpulan orang yang terlibat dalam proses kemajuan universitas . Organisasi Mahasiswa meliputi berbagai jenis organisasi seperti BEM(Badan Eksekutif Mahasiswa) yang terdapat sekumpulan Mahasiswa demi tercapainya tujuan bersama.

4.       Organisasi Sekolah
            Organisasi Sekolah meliputi berbagai jenis organisasi seperti OSIS atau ektrakulikuler di sekolah. Bertujuan untuk menjadikan siswa/siswi menjadi pribadi yang aktif dan bersama-sama mencapai cita-cita.

5.      Organisasi Negara
            Organisasi Negara adalah sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama dalam sebuah negara. Contohnya antara lain Muhammadiah, Fatwa MUI dan lain-lain.

6.      Organisasi Olahraga
            Organisasi Olahraga yaitu sekumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama dalam bidang Olahraga. Seperti BPSBI(Badan Pelatih Sepak Bola Indonesia), ATI(Asosiasi Tinju Indonesia) dan masih banyak lagi.

Tipe-tipe Organisasi

1)      Organisasi Formal atau Resmi
            Organisasi Formal atau Resmi adalah organisasi yang dibentuk oleh sekumpulan orang yang memiliki suatu struktur yang terumuskan dengan baik, yang menerangkan hubungan-hubungan kekuasaan, otoritasnya dan tanggung jawabnya serta memiliki kekuatan hukum..
2)      Organisasi Informal
            Organisasi Informal yaitu pertemuan tidak resmi seperti makan malam bersama. Organisasi informal dapat menjadi organisasi formal apabila hubungan didalamnya dan kegiatan yang dilakukan terstruktur dan terumuskan.

0 comments:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲