PERUBAHAN DAN PERKEMBANGAN ORGANISASI

| Minggu, 11 November 2012

Organisasi berasal dari kata organon dalam bahasa Yunani yang berarti alat. Pengertian organisasi telah banyak disampaikan para ahli, tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip, sehingga dapat saya simpulkan bahwa organisasi merupakan sarana untuk melakukan kerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan mendayagunakan sumber daya yang dimiliki.
Penyebab Perubahan:

a). Internal : (Perubahan tujuan, Perubahan struktur organisasi, Perubahan cara operasional/aktivitas organisasi, dll)
·         Perubahan Internal yang Direncanakan (planned internal change)
Misal: sebuah perusahaan melakukan akuisisi perusahaan lain.
·         Perubahan Internal Tidak Direncanakan (Unplanned internal change)
Misal: perubahan karakteristik demografis (jenis kelamin, pendidikan, usia)
tenaga kerja pada suatu perusahaan.
b). Eksternal : (Perubahan sistem ekonomi, Teknologi baru,dll )
·         Perubahan Eksternal yang Direncanakan (planned external change)
Misal: pengenalan teknologi baru
·         Perubahan Eksternal Tidak Direncanakan (Unplanned external change)
Misal: perubahan kebijakan moneter sbg respon perubahan politik&ekonomi
tiba-tiba



Tingkat Perubahan Organisasi

·         Perubahan pada sikap individu dalam organisasi, meliputi : Aspek pengetahuan, Sikap/perilaku, Ketidakpuasan (aksi mogok).
·         Perubahan pada tingkat kelompok :
- Kelompok sebagai media/wahana perubahan.
- Kelompok sebagai sasaran perubahan.
- Kelompok sebagai agen perubahan.
·         Perubahan tingkat organisasi:
Adanya promosi kenaikan jabatan seseorang dalam organisasi berimplikasi pada perubahan posisi jabatan di tingkatan bawahnya :
- Perubahan peran dalam aktivitas formal organisasi.
- Perubahan pada tingkat organisasi berbeda dan cenderung rumit dibandingkan
dengan perubahan di tingkat individu dan kelompok.

Tujuan utama Pengembangan Organisasi adalah untuk perbaikan fungsi organisasi itu sendiri. Peningkatan produktivitas dan keefektifan organisasi membawa implikasi terhadap kapabilitas organisasi dalam membuat keputusan berkualitas dengan melakukan perubahan terhadap struktur, kultur, tugas, teknologi dan sumber daya manusia.


Konsep Pengemabangan Organisasi

Salah satu teknik pengembangan Organisasi adalah Grid OD  yang didasarkan atas kisi-kisi manajerial. R. Blake  dan  J. Mouton  mengidentifikasikan berbagai kombinasi perhatian terhadap produk dan orang. Enam tahap yang perlu diperhatikan dari program Grid OD yaitu :
1.              Latihan.
2.              Pengembangan tim.
3.              Pengembangan antar kelompok.
4.              Penetapan tujuan organisasi.
5.              Pencapaian tujuan.
6.              Stabilitas.


Metode Perubahan dan Pengembangan Organisasi

Ada berbagai teknik yang dirancang para ahli, dengan tujuan meningkatkan kemampuan berkomunikasi serta bekerja secara efektif, antar-individu maupun antar-kelompok dalam organisasi. Beberapa teknik yang sering digunakan berikut ini :
1.      Sensitivity training.
2.      Team Building.
3.      Survey feedback.
4.      Transcational Analysis (TA).
5.       Intergroup activities.
6.       Proses Consultation.
7.       Grip OD.
8.       Third-party peacemaking.






Refrensi :
-          http://ediwibowo88.blogspot.com
-          http://www.scribd.com

0 comments:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲