Organisasi berasal dari kata organon dalam bahasa
Yunani yang berarti alat. Pengertian organisasi telah banyak disampaikan para
ahli, tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip, sehingga dapat
saya simpulkan bahwa organisasi merupakan sarana untuk melakukan kerjasama
antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan mendayagunakan
sumber daya yang dimiliki.
Penyebab Perubahan:
a). Internal
: (Perubahan tujuan, Perubahan struktur organisasi, Perubahan cara
operasional/aktivitas organisasi, dll)
·
Perubahan
Internal yang Direncanakan (planned internal change)
Misal: sebuah perusahaan melakukan akuisisi perusahaan lain.
Misal: sebuah perusahaan melakukan akuisisi perusahaan lain.
·
Perubahan
Internal Tidak Direncanakan (Unplanned internal change)
Misal: perubahan karakteristik demografis (jenis kelamin, pendidikan, usia)
tenaga kerja pada suatu perusahaan.
Misal: perubahan karakteristik demografis (jenis kelamin, pendidikan, usia)
tenaga kerja pada suatu perusahaan.
b). Eksternal
: (Perubahan sistem ekonomi, Teknologi baru,dll )
·
Perubahan
Eksternal yang Direncanakan (planned external change)
Misal: pengenalan teknologi baru
Misal: pengenalan teknologi baru
·
Perubahan
Eksternal Tidak Direncanakan (Unplanned external change)
Misal: perubahan kebijakan moneter sbg respon perubahan politik&ekonomi
tiba-tiba
Misal: perubahan kebijakan moneter sbg respon perubahan politik&ekonomi
tiba-tiba
Tingkat Perubahan Organisasi
·
Perubahan
pada sikap individu dalam organisasi, meliputi : Aspek pengetahuan,
Sikap/perilaku, Ketidakpuasan (aksi mogok).
·
Perubahan
pada tingkat kelompok :
- Kelompok sebagai media/wahana perubahan.
- Kelompok sebagai sasaran perubahan.
- Kelompok sebagai agen perubahan.
- Kelompok sebagai media/wahana perubahan.
- Kelompok sebagai sasaran perubahan.
- Kelompok sebagai agen perubahan.
·
Perubahan
tingkat organisasi:
Adanya promosi kenaikan jabatan seseorang dalam organisasi berimplikasi pada perubahan posisi jabatan di tingkatan bawahnya :
- Perubahan peran dalam aktivitas formal organisasi.
- Perubahan pada tingkat organisasi berbeda dan cenderung rumit dibandingkan
dengan perubahan di tingkat individu dan kelompok.
Adanya promosi kenaikan jabatan seseorang dalam organisasi berimplikasi pada perubahan posisi jabatan di tingkatan bawahnya :
- Perubahan peran dalam aktivitas formal organisasi.
- Perubahan pada tingkat organisasi berbeda dan cenderung rumit dibandingkan
dengan perubahan di tingkat individu dan kelompok.
Tujuan utama Pengembangan Organisasi
adalah untuk perbaikan fungsi organisasi itu sendiri. Peningkatan produktivitas
dan keefektifan organisasi membawa implikasi terhadap kapabilitas organisasi
dalam membuat keputusan berkualitas dengan melakukan perubahan terhadap
struktur, kultur, tugas, teknologi dan sumber daya manusia.
Konsep
Pengemabangan Organisasi
Salah
satu teknik pengembangan Organisasi adalah Grid OD yang didasarkan atas kisi-kisi manajerial. R.
Blake dan J. Mouton mengidentifikasikan berbagai kombinasi
perhatian terhadap produk dan orang. Enam tahap yang perlu diperhatikan dari
program Grid OD yaitu :
1.
Latihan.
2.
Pengembangan tim.
3.
Pengembangan antar kelompok.
4.
Penetapan tujuan organisasi.
5.
Pencapaian tujuan.
6.
Stabilitas.
Metode Perubahan
dan Pengembangan Organisasi
Ada berbagai teknik yang dirancang para ahli, dengan tujuan meningkatkan kemampuan berkomunikasi serta bekerja secara efektif, antar-individu maupun antar-kelompok dalam organisasi. Beberapa teknik yang sering digunakan berikut ini :
Ada berbagai teknik yang dirancang para ahli, dengan tujuan meningkatkan kemampuan berkomunikasi serta bekerja secara efektif, antar-individu maupun antar-kelompok dalam organisasi. Beberapa teknik yang sering digunakan berikut ini :
1. Sensitivity
training.
2. Team Building.
3. Survey feedback.
4. Transcational
Analysis (TA).
5. Intergroup activities.
6. Proses Consultation.
7. Grip OD.
8. Third-party peacemaking.
Refrensi :
0 comments:
Posting Komentar